Selasa, 13 November 2007

PROFIL MADRASAH


PROFIL MADRASAH TSANAWIYAH NEGERI MODEL PANDEGLANG 1

1. Identitas Madrasah

Nama Madrasah : Madrasah Tsanawiyah Negeri Model Pandeglang 1

Alamat : Jl. Raya Labuan Km.5,7 Kadulisung Pandeglang

NSS : 210280

Tahun Penegerian : 1979 (MTsN Pandeglang 1)

Tahun di pakai : 1979 (MTsN Pandeglang 1)

Perubahan Status : 1998 (MTsN Model Pandeglang 1)

Nomor Rekening : BRI-0062.01.0004.303

2. Identitas Kepala Sekolah :

Nama : Drs. H. Ma’mun

NIP : 150223594

Tingkat Pendidikan : S1

Jurusan : Administrasi Pendidikan (Adpen)

3. Visi dan Misi

MTsN Model Pandeglang 1 memiliki visi : Populis Islami dan Berkualitas dengan makna:

§ POPULIS : Madrasah yang selalu menjadi pilihan pertama masyarakat karena dikenal sebagai madrasah yang memiliki kualitas dan selalu menyesuaikan diri dengan kebutuhan masyarakat dan sesuai pekembangan zaman.

§ ISLAMI : Pendidikan yang bercirikan Islam dan ajaran Islam merupakan unsure utuama yang diajarkan kepada siswa sehingga dapat mencetak ummat yang beriman, takwa dan beramal shaleh.

§ BERKUALITAS : Madrasah yang selalu berupaya meningkatkan mutu penampilan, proses pendidikan dan lulusan.

§

Visi tersebut dijabarkan dalam misi sebagai berikut:

a. Mengembangkan pendidikan/pengajaran ilmu pengetahuan dan teknologi yang berkualitas dalam rangka meningkatkan daya saing dan produktifitas bangsa.

b. Menyelenggarkan pendidikan Agama Islam sehingga terbina siswa yang memiliki wawasan keislaman dan berakhlak mulia.

c. Membangun senergi antara lembaga-lembaga pendidikan dalam rangka mempercepat peningkatan kualitas pendidikan/ pengajaran.

d. Memadukan keunggulan madrasah dengan keunggulan yang ada pada masyarakat agar terjadi sinergi antara lembaga pendidikan dengan penggunanya.

e. Zmenumbuhksn kesadaran orang tua dan masyarakat tentang pentingnya pendidikan dalam rangka meningkatkan mutu dan partisifasi masyarakat dalam pendidikan.

f. Mendesiminasi inovasi-inovasi baru dalam pembelajaran kepada madrasah di sekitarnya.

4. Tujuan dan Fungsi Madrasah

Madrasah sekitar melalui forum KKM, MGMP, atau sejenisnya. Hal tersebut disebabkan karena keberadaan Pusat Sumber Belajar Bersama (PSBB) yang merupakan bagian dari MTsN sehingga berfungsi sebagai pusat pendidikan dan pelatihan bagi guru-guru dan karyawan MTs baik negeri maupun swasta di kabupaten Pandeglang.

5. Program Tahun 2006-2007

Pada tahun pelajaran 2006-2007 MTsN Pandeglang 1 sedang memfokuskan sumber daya untuk meningkatkan proses dan hasil pembelajaran melalui peningkatan kompetensi SDM penggunaan media belajar berbasis audiovisual.

Beberapa program unggulan diantaranya :

a. Sosialisasi dan ujicoba pengembangan silabus dan RPP berlandaskan kepada Standar isi untuk kelas VII

b. Menyusun Kurikulum tingkat satuan Pendidikan (KTSP)

c. Peningkatan proses dan hasil pendidikan agama dengan cara melengkapi kurikulum keagamaam terutama baca tulis Quran.

d. Menyelenggarakan kelas unggulan sebagai pilot proyek peningkatan mutu proses dan hasil pembelajaran.

e. Pemberdayaan MGMP rumpun untuk peningkatan kopentensi professional guru.

f. Melengkapi media dan sumber belajar berbasis audiovisual.

g. Menyelenggarakan kegiatan beragam menggunakan sumber dan media berbasis audiovisual.

h. Melengkapi sarana keras yang dapat meningkatkan kualitas kegiatan ekstrakurikuler.

i. Mempertahankan dan meningkatkan prestasi dalam lomba-lomba baik yang bersifat kurikuler maupun ekstrakurikuler.

6. Kegiatan pembelajaran

MTsN Model Pandeglang 1 selalu berupaya meningkatkan keragaman dan mutu pembelajaran. Kamiberasumsi bahwa semakin beragam kegiatan belajar dengan mutu yang baik maka akan meningkatkan kualitas hasil pembelajaran.

Beberapa bentuk kegiatan belajar yang dicanangkan sebagai berikut:

a. Kegiatan diskusi dan tutorial di kelas.

b. Kegiatan di lab bahasa

c. Kegiatan belajara berbasis audiovisual CD, kaset dan media komputer proyektor.

d. Belajar dilingkungan sekitar madrasah

e. Kegiatan di laboratorium IPA.

f. Kunjungan ke instansi pemerintah

g. Kunjungan kelokasi kegiatan masyarakat

h. Penelitian lapangan IPS terpadu di kelas VII

i. Penelitian lapangan IPA terpadu di kelas VIII

j. Studi wisata bagi kelas IX sebagai bentuk integrasi mata pelajaran.

k. Kursus Keterampilan Teknologi Dasar (PTD) dan menjahit.

l. Kegiatan belajar berbasis proyek yang menghasilkan produk tertentu (dalam mata pelajaran Kesenian dan keterampilan).

m. Kursus komputer

n. Kursus internet

o. Kelompok kerja ilmiah

p. Kegiatan ekstra kurikuler pramuka, PMR, dan LKBB.

q. Kegiatan ekstra kurikuler olah raga dan seni meliputi :

1) Footsal

2) Volley Ball

3) Basket ball

4) Tenis meja

5) Badminton

6) Renang

7) Seni kaligrafi

8) Qosidah

9) Nasid

6. Keadaan Sarana dan prasarana

MTsN Model Pandeglang 1 memiliki sarana dan prasarana sebagai berikut :

No.

FASILITAS RUANGAN

JUMLAH

KETERANGAN

1

Ruang Kepala Madrasah

1


2

Ruanng wakil Kepala

1


3

Ruang Tata Usaha

1


4

Ruang Guru

1


5

Ruang Perpustakaan

1


6

Laboratorium

1


7

Laboratorium bahasa

2


8

Ruang audiovisual

1


9

Ruang keterampilan

1


10

Ruang kelas

26


11

Ruang piket

1


12

Ruang gudang

1


13

Mushala

1


14

Ruang OSIS

1


15

Ruang PMR

1


16

Ruang Pramuka

1


17

Ruang Kesenian

1


18

Ruang Komputer

1


19

Ruang BP/BK

1


20

Tempat Parkir

1


21

Koperasi Sekolah

1


22

Kantin Sekolah

1


23

Rumah penjaga sekolah

1


24

WC siswa

4


25

Lapangan Upacara

1


26

Lapangan Volly

1


27

Lapangan Basket

1


28

Lapangan bulu tangkis

1


7. Guru dan Karyawan Madrasah

Untuk melaksanakan pendidikan dan pembelajaran di MTsN Model Pandeglang 1 terlibat guru dan Karyawan dengan keterangan sebagai berikut:

a. Guru

Guru tetap (PNS) = 36 orang

Guru tidak tetap = 15 orang

Jumlah = 51 orang

b. Karyawan

Pegawai tetap = 6 orang

Pegawai tidak tetap = 6 orang

Penjaga = 3 orang

Jumlah = 14 orang

8. Keadaan Siswa

MTsN Model Pandeglang 1 memiliki siswa sejumlah 999 (Sembilan ratus sembilan puluh sembilan) orang dengan rincian sebagai berikut :

KELAS

JUMLAH

JUMLAH ROMBEL

VII

346

8

VIII

327

8

IX

326

8

JUMLAH

999

26


5 komentar:

dorr mengatakan...

ASSAlamUalaikum....halo pak,,,bu,,,ma mpRen2 Quy semua,,,neY AieDa,,,koQ Blognya cuma kaYa gene??? owh yaCh,,,waT mpRen2 Semua Lulusan 2007 Kpn NgumPul giE??? owh yawh dtunggu yawh di babysad37@yahoo.com mo blog ok,,,fs juga ok....dadawhhh

mtsnparungblogspot.com mengatakan...

Asalamu Alaikum...
Sy A.Jauhari guru MTsN Parung. maaf pa/bu, yang bikin blog ini ja dah. Soalnya sy jg lagi blajr bikin. sy lagi cari blog2 skitar MTs. eh ternyata sy ingat dlu pernah datang dari rombongan MTsN Parung ke MTsN Pandeglang. tapi g tau wktu itu MTsN Pandeglang berapa? cuma yang sy ingat MTsN aja. lagian sy jg g tau acara apa wktu itu soalnya sy msh jadi tukang sapu he he... trus ada gru yang dulu pernah tugas di MTsN Parung. sampe sekarang kangen sy. Namanya Bpk. Drs. Sarwani kalo g salah. kalo benar salam dong... email sy... jauhariajo@gmail.com / jauhariajo@yahoo.co.id.
Wassalamualaikum Wr.Wb.

Nugroho mengatakan...

assalamualakum, saya siswa mts juga..... ko' kurang menarik ya kurang entri gitulah, saya juga punya blog


kunjungilah: http://triyugonugroho.blogspot.com

urang pandeglang mengatakan...

saya murid mts saya senang sekolah d mts

Unknown mengatakan...

saya ada produk bagus..silakan diklik.
http://hajikuumrohku.blogspot.com/2011/11/cara-mudah-belajar-tajwid.html